Kondisi Sekolah

SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta merupakan salah satu sekolah yang memiliki lahan cukup luas, dengan alokasi setengah dari lahan tersebut digunakan untuk bangunan dan selebihnya digunakan untuk area playground, taman, dan area khusus untuk pendidikan pengenalan tanaman (green house). Dengan lahan yang cukup luas merupakan modal utama bagi kami dalam memberikan peluang pada siswa, untuk memanfaatkannya sebagai media belajar mereka. Ditambah lagi dengan kurikulum yang telah kami susun untuk mendekatkan pada kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup. Meskipun demikian, SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta juga melakukan pembelajaran luar kelas (outing class) ke berbagai tempat baik dalam maupun luar kota sesuai dengan target pembelajaran.

Potensi yang tak kalah penting dalam hal pengelolaan lingkungan di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta adalah sumber daya manusia. Guru-guru  yang penuh semangat dan loyalitas, dengan background strata S1 dan S2, memberikan peluang pada pendidikan di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta akan berkembang lebih maksimal lagi. Dengan potensi lahan dan sumber daya manusia yang ada tersebut, maka pada tahun 2008 SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta ditunjuk menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional serta bersertifikat ISO 9001:2008 yang sebelumnya sudah memiliki program Akselerasi (Tahun 2006). Program sekolah Adiwiyata dikembangkan hingga pada tahun 2013 mendapatkan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Kota dan tahun 2014 untuk tingkat Provinsi.

Setelah dihapuskannya program RSBI pada tahun 2012 dan program Akselerasi pada tahun 2015, SD Negeri Cemara Dua No.13 tetap mempertahankan eksistensinya demi mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah. Berbagai program kegiatan sekolah terus dikembangkan hingga pada tahun 2016 berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1472/D2/KP/2016 Penetapan Sekolah Dasar Rujukan Tahun 2016, SD Negeri Cemara Dua No. 13 ditunjuk sebagai Sekolah Dasar Rujukan.

Disamping itu di tahun yang sama SD Negeri Cemara Dua juga ditunjuk sebagai Sekolah Dasar Piloting PPK  sesuai SK Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor  2835/D2/KP/2016 Tentang Penetapan Sekolah Dasar Piloting Program Penguatan Karakter (PPK) Tahap I Tahun 2016.

Sejalan dengan program pemerintah pada bulan Oktober 2017, SD Negeri Cemara Dua sebagai Sekolah Dasar Rujukan (SDR) melaksanakan program sekolah full day. Melalui program sekolah full day diharapkan siswa siswi SD Negeri Cemara Dua No. 13 memiliki karakter yang kuat baik dalam bidang religi, nasionalis, mampu hidup mandiri dan bergotong royong serta berintegritas yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *